masukkan script iklan disini
Tanjungbalai – Lensa Nusantara biz id Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Asahan menggelar sosialisasi terkait optimalisasi pelayanan penumpang internasional melalui Aplikasi All Indonesia serta perencanaan peresmian PMI Lounge yang akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat. Kegiatan ini berlangsung pada Selasa, 30 September 2025 Bertempat di Aula Hotel Grand Singgie.
All Indonesia adalah platform digital terpadu yang dikembangkan melalui kerja sama antara Direktorat Jenderal Bea Cukai, Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementerian Kesehatan, dan Badan Karantina Indonesia. Sehingga menjadikannya sebagai inovasi layanan digital terpadu yang mengintegrasikan proses pelaporan keimigrasian, bea cukai, kesehatan, dan karantina. Melalui sinergi antarinstansi, aplikasi ini dirancang untuk memudahkan penumpang internasional dalam mengakses berbagai layanan hanya melalui satu platform, baik berbasis web maupun mobile.
Melalui Aplikasi ini, penumpang dapat mengisi Electronic Customs Declaration (E-CD) secara daring sebelum tiba di Indonesia. Layanan ini tersedia untuk warga negara Indonesia (WNI) maupun turis asing.
Selain itu, kegiatan ini juga membahas rencana peresmian PMI Lounge di Pelabuhan Teluk Nibung yang akan dilakukan dalam waktu dekat. Fasilitas tersebut diproyeksikan menjadi ruang layanan khusus yang lebih representatif dan nyaman bagi pekerja migran Indonesia, sekaligus wujud komitmen Imigrasi dalam memberikan pelayanan yang modern dan humanis.
Keberhasilan implementasi Aplikasi All Indonesia tentunya tidak dapat berjalan sendiri, melainkan membutuhkan kolaborasi erat antarinstansi terkait. Sinergi antara Imigrasi, Bea Cukai, Karantina, Kesehatan, serta dukungan stakeholder lainnya yang menjadi kunci utama dalam mewujudkan pelayanan publik yang modern, efisien, dan terintegrasi demi kelancaran arus penumpang yang ada di Pelabuhan Teluk Nibung Tanjungbalai.
Dengan adanya kegiatan ini, Kantor Imigrasi Tanjung Balai Asahan menegaskan dukungannya terhadap modernisasi layanan berbasis digital dan peningkatan fasilitas pelayanan publik, guna memastikan kelancaran arus penumpang internasional serta perlindungan optimal bagi pekerja migran Indonesia.(Ros,007)








Tidak ada komentar:
Posting Komentar